Langsung ke konten utama

Update 3: Living as a Success Lvl: Gamers tingkat Pelajar (Mid September 2012)


Siapa nih yang download!!!!??? Lambat bego!!!
Halah, judulnya belibet begitu. Tidak mendidik malahan kalo Cuma baca judulnya. Tapi ini postingan serius (insya Allah, niatnya emang begitu. Tapi gak tau juga sih nantinya gimana). This is an article about living your life as a gamer, tapi yang masih pelajar. Emm, lebih kayak curhatan gue sendiri sih mungkin. Tapi ya, daripada gak ngupdate ini blog, mendingan lah.

Game adalah permainan. Apa aja deh, yang penting permainan. Gak usah dijelasin lagi juga udah pada tau kan? Buat anak-anak dulu sebelum adanya game konsol keluar, yang banyak dimainkan ya kayak petak umpet, polisi-polisian, tak jongkok (eh, bener kan ya nulisnya kayak gini...??), lompat tali, dan banyak deh game outdoor lain yang menyenangkan dan menyehatkan (sehat dong! Kan banyak bergerak itu sehat).


Tapi kemudian mulai tahun 90-an, game konsol seperti nintendo, gameboy, tamagotchi (gak masuk game konsol ini mah...), playstation dan sebangsanya menyerang ke Indonesia (ke seluruh dunia lebih tepatnya). Dan sampai sekarang, tentu saja peminat game ini pasti banyak. Karena itu tadi, game adalah hal yang menyenangkan. Dan manusia selalu ingin kesenangan. Permainan-permainan lama itupun ditinggal, dikubur bersama childhood memories mereka masing-masing. Beralih ke game konsol yang punya kemampuan untuk bermain dengan imanjinasi pemainnya. Gak banyak gerak. Gak banyak capek. Cuma otak. Ya, hanya otak yang lelah. Dan, sejujurnya (dan sebenarnya), hal itu tidak bisa dibilang sehat.

Setiap ‘thing’ di dunia ini pasti ada beberapa orang yang bener-bener fanatik terhadap ‘thing’ itu yang kemudian menjadi kecanduan dan akhirnya jadi seorang ‘geek’. Rela [tulis yang kamu lakukan disini] bersama ‘thing’ itu berjam-jam, berhari-hari, bertahun-tahun dan, ya sampai sekarang masih tetep aja geek (walaupun beberapa dari mereka pasti udah ada yang tobat karena ini-itu).

(haduh..... intro artikelnya panjang ya (buat gue...). Padahal cuma dikit yang mau dikasih tau)

Oke deh back to the rail. Karena akhir-akhir ini keinginan main game gue lagi kumat, akhirnya saya berusaha untuk bermuhasabah (merenungi diri). Gue pikir-pikir lagi, kok ya gue sampe segini nafsunya maen game. Ya, memang belum parah sampe begadang maen gamenya. Gamenya bukan jenis yang enak buat dimainin kalo udah ngantuk (yang tau gue pasti tau game yang dimaksud apaan). Dan sebelum masalahnya berlarut-larut, maka saya putuskan untuk merenung.


Ozan: Bang, sering amat merenung? Udah ada aksinya belum?
Heh, diem aje lu.
Ozan: Eh, beneran bang. Masa tiap hari cuma mikirin ini-itu, udah dapet solusi dari ini-itu, tapi tetep gak dilakuin sih? Jangan banyakan mikir bang.
Habis ini.
Ozan: Habis ini kapan bang? Udah berapa kali coba gue kasih tau abang ‘to do that thing you have been thinking’ , tapi tetep aja dipikiran doang. Kapan move on nya bang?
...............

Yah, salah gue juga sih cuma mikir solusi tapi gak pernah ngelakuin solusi itu. There is a plenty of problems that I’ve got, and there is a plenty of solution for it, in my mind. But, that problem never get the ‘Resolved!’ status. Ashamed me.

(tuh kan, curhat. Derailing lagi. Kapan dibahas nih topiknya??)

Sejenak, aku bingung apa yang ingin ku bahas sebelumnya.
Sejenak, ingin aku menekan tombol silang merah di kanan atas layar ini
Sejenak, aku merasa mengantuk

Tak sadar, jam dinding menunjukkan pukul 10 malam
Tak sadar, bahasaku berubah sedari tadi
Tak sadar, kalau tulisan ini berubah menjadi puisi

Aneh, aku masih tetap menulis sampai bait ini
Aneh, rasanya masih tetap ingin menulis ini
Aneh, kenapa artikelnya berubah menjadi seperti ini?

(halah.... udah ah derailingnya. Dari tadi curhat mulu. Emang forever alone sih guenya....)
(tuh kan curhat lagi...)

Jadi ceritanya gue lagi mikir. Gue ngerasa kalo gamer kan gak melulu anak-anak yang mainin. Orang dewasa-pun juga mainin. Dan kebanyakan geek juga antara umur-umur remaja sampai dewasa. Ada banyak orang yang rela to spend their money cuma buat beli game konsol terbaru, atau game rilis terbaru atau juga benda-benda koleksi dari game yang mereka gemari.

Uang mereka gak mungkin minta dari orang tua lagi dong? Mereka udah pada kerja. Udah pada punya pendapatan sendiri. Dari kecil udah hobi main game (ref. Konsol), pas gede jadi geek game, dan hidupnya masih tetap senang, gak sukses-sukses amat, tapi berkecukupan.

Eh, apa iya? Gue emang belum tau pasti, tapi rasanya memang banyak yang seperti itu. Entahlah....

Tapi, kesampingkan hal itu dulu. Yang mau gue bicarain disini adalah gimana caranya tetep sukses di sekolah, tapi nge-game jalan terus. Ya intinya menyeimbangkan antara hobi sama kepentingan deh. Apalagi kan manusia-manusia dewasa berumur antara 12-18 tahun ini lagi pada keranjingan sama game.
I don’t want to refer them as a Teenager, because they are already an Adult.I have explained that before in my last post.

--------hari-hari berlalu.--------------------------------------

Kepotong nih. Guenya udah ngantuk duluan sih. Oke. Lanjut.

....
Langsung ke Intinya aja deh. Udah ilang itu ide yang mau ditulis, entah kemana.

Pikirkan saat kamu belajar lebih serius memanage waktu kamu dengan baik, belajar kamu gak ketinggalan, pr gak ada yang lupa, pelajaran sekolah pada ngerti semua, aktivitas nge-game akan lebih kerasa sensasinya.”

Berapa jam kalo kamu nge-game? 2-3 jam kah? Atau malah lebih? Rela lewatin waktu segitu lama cuma berharap biar skill makin mantep? *BITCH PLEASE*
Lu main game apa kerja? Pendapat orang bisa beda, tapi buat gue game dibikin biar orang stressnya ilang. Gak masalah sih kalo stress kamu ilang karena nge-game segitu lama. Tapi, RENUNGKAN LAGI! Gue gak yakin kalo itu emang bikin lu seneng atau karena nafsu. I mean, GET A LIFE please!

 Saat ini pikirin mana yang penting, mana yang sampingan. Boleh aja masukkin nge-game ke daftar sampingan. Tapi fokus ke ‘hal yang penting’ dulu. Saat seluruh ‘hal yang penting’ udah selesai, kerjakan ‘hal sampingan’.

Pesan saya:

  1. Dalam satu hari ada 24 jam. Ingat itu!
  2. 6 Jam kita tidur di malam hari (gue ngitung dari kebutuhan gue sendiri)
  3. 7 Jam belajar disekolah. Masih ada 11 Jam tersisa.
  4. 1 Jam diantaranya dipakai untuk ibadah (kelebihan malah kalo shalatnya Cuma naik-turun doang). 10 Jam tersisa.
  5. 4 Jam untuk aktivitas outdoor, sama temen atau pacar (kalo ada). Masih ada 6 Jam tersisa.
  6. Pakai 3 Jam untuk belajar dan mengerjakan PR. (udah banyak lho itu)
  7. 3 Jam lagi untuk GAMING.

Nah, pas kan 24 jam? Kalo lu emang nggak ada kegiatan diluar, bersisa 4 jam lagi. Bagi-bagi aja ke waktu-waktu yang lain. Gampang toh?

Udah sebanyak itu waktu dikasih masih gak bisa move on juga? *BITCH PLEASE*


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Update 1 September

Everytime I want to start doing my homework, there came a lazy mind. But at the same time, I want to write something. Something like this writing. I don’t know why, but it’s always happened this way. I should start make a decision about what is important, and what I really want to do. My school task is way more important, but I don’t like to do it. I want to start writing an article, some short stories, but it could be done in another day. Doing my school task means a future for me. A really simple thing to do. Just write some formulas, or write an essay for about one page. In the next day, your teacher take your task, give you a score for it. And it’s really important after you graduate from high school. But, writing is my future too. It’s my decision. Which way i want to choose? Both decision have a risk to face. You want to be writer? You will get a job as a writer. You can write an article for magazine, or some local paper. Or maybe a novel writer. Both earns money. But thi

Ib, The Game

Kali ini gue mau ngebahas satu game nih. Kayaknya ini kedua kalinya gue nge-review game. Terakhir kali nge-review game Silent Hill, sekitaran dua tahun yang lalu. Game konsol horror pertama yang gue kenal dan gue mainin. Sekarang game Silent Hill udah sampe ke seri Downpour yang dirilis untuk PS3 dan XBOX 360 (gak ada buat PC..... L ) dan pertengahan Oktober nanti film adaptasi dari Silent Hill 3, berjudul “Silent Hill Revelation” juga akan dirilis, di Amerika (gak ada buat Indonesia.... makin :nohope gue ).  Tapi ini bukan mau ngebahas tentang Silent Hill kok. Tapi tentang game berjudul  Ib.