Langsung ke konten utama

Ib, The Game


Kali ini gue mau ngebahas satu game nih. Kayaknya ini kedua kalinya gue nge-review game. Terakhir kali nge-review game Silent Hill, sekitaran dua tahun yang lalu. Game konsol horror pertama yang gue kenal dan gue mainin. Sekarang game Silent Hill udah sampe ke seri Downpour yang dirilis untuk PS3 dan XBOX 360 (gak ada buat PC..... L ) dan pertengahan Oktober nanti film adaptasi dari Silent Hill 3, berjudul “Silent Hill Revelation” juga akan dirilis, di Amerika (gak ada buat Indonesia.... makin :nohope gue ). 

Tapi ini bukan mau ngebahas tentang Silent Hill kok. Tapi tentang game berjudul Ib.

Game ini menceritakan tentang seorang gadis kecil bernama ‘Ib’ yang pergi bersama orang tuanya ke museum pameran dari seniman bernama ‘Guertena’. Guertena adalah seniman yang karyanya sangat terkenal dan beberapanya memiliki misteri dibalik pembuatannya.  Saat Ib berkeliling melihat-lihat, ia menemukan satu lukisan besar yang kemudian membuatnya masuk ke dalam dunia ‘Guertena’.

Ib harus keluar dari dunia aneh yang penuh dengan ‘karya-karya berjalan’ (halah... gak bener nih bahasanya. Monster deh ibaratnya). Selama perjalanannya, Ib bertemu dengan Garry, salah satu pengunjung museum Guertena yang juga terjebak di dunia aneh ini. Mereka berdua akhirnya sama-sama mencari cara untuk keluar.

“??? Of the Deep”
Pertama kali gue mainin ini, jadi keinget game Silent Hill. Si protagonis lagi menjalani kehidupan seperti biasanya, tiba-tiba si pemain menemukan sesuatu yang aneh dan kemudian terjebak di ‘dunia lain’ yang penuh dengan monster-monster aneh dan teka-teki ‘mahasulit’ yang harus dipecahkan biar bisa keluar. Suasananya juga sama banget, eerie atmosphere. Tapi kalo dibandingin Silent Hill, game Ib ini menurut gue baru sepertiganya.


Game ini gak butuh waktu lama untuk dimainin. Teka-tekinya juga gak berat-berat amat. Tapi kamu juga butuh teliti di game ini. Kadang di beberapa tempat, udah dikasih clue buat pecahin puzzlenya tapi malah nge-stuck aja disitu. Pengalaman gue baru mainin ini game malah jalan-jalan gak jelas nyari satu item, padahal itemnya ada didepan pemainnya sendiri. Geblek. Buat kamu yang udah pernah main game Silent Hill, atau game bergenre mystery sejenis ini mungkin gak bakal kagok mainnya. Yang penting sih rajin-rajin aja eksplorasi tempat-tempat di game ini. Examine setiap benda yang ada di setiap ruangan karena bisa aja benda itu jadi kunci dari puzzle yang sedang atau yang akan kamu hadapi.

“Prologue”
Yang perlu kamu ketahui, game ini punya 5 ending berbeda. Ada 1 good ending, dan sisanya (menurut gue) bad ending. Gue sendiri udah dapetin 4 endingnya (dan itu semuanya bad ending..... miris banget...). Ending yang akan kamu dapetin tergantung sama pilihan yang kamu pilih di beberapa event. Dan juga sikap kamu sama si Garry selama mainin game ini. (Wah, udah dikasih hint nih. Cari sendiri ya gimana seleseinnya)

Oh iya. Nyawa kamu disini bergantung sama mawar yang kamu temukan di awal game. Jangan sampai kamu kehabisan petal mawar kamu, atau, game over.
“When the rose ???s, so too will you ??? away”
 Game Ib dirilis oleh kouri pada tahun 2007 dalam bahasa Jepang. Sekitaran awal tahun ini dirilis versi bahasa Inggrisnya. Game ini dibuat menggunakan engine RPG Maker 2000. Walaupun pake engine RPGMaker yang (kalo kamu tahu) pastinya berasa mainin game jaman Gameboy Color, Ib udah lumayan bikin kamu enjoy ceritanya dan (sedikit) pusing dengan puzzle yang ditemui. Worth it to play deh game ini.

Satu hal yang gue suka di game ini adalah soundtracknya. Ngena banget sama suasana gamenya. Nih musik yang ada di title screennya. Enak cuy!



Game ini free untuk didownload kok. Kesini aja buat download gamenya.

Akhir kata, have a nice gaming!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Update 1 September

Everytime I want to start doing my homework, there came a lazy mind. But at the same time, I want to write something. Something like this writing. I don’t know why, but it’s always happened this way. I should start make a decision about what is important, and what I really want to do. My school task is way more important, but I don’t like to do it. I want to start writing an article, some short stories, but it could be done in another day. Doing my school task means a future for me. A really simple thing to do. Just write some formulas, or write an essay for about one page. In the next day, your teacher take your task, give you a score for it. And it’s really important after you graduate from high school. But, writing is my future too. It’s my decision. Which way i want to choose? Both decision have a risk to face. You want to be writer? You will get a job as a writer. You can write an article for magazine, or some local paper. Or maybe a novel writer. Both earns money. But thi

Update 3: Living as a Success Lvl: Gamers tingkat Pelajar (Mid September 2012)

Siapa nih yang download!!!!??? Lambat bego!!! Halah, judulnya belibet begitu. Tidak mendidik malahan kalo Cuma baca judulnya. Tapi ini postingan serius (insya Allah, niatnya emang begitu. Tapi gak tau juga sih nantinya gimana). This is an article about living your life as a gamer, tapi yang masih pelajar. Emm, lebih kayak curhatan gue sendiri sih mungkin. Tapi ya, daripada gak ngupdate ini blog, mendingan lah. Game adalah permainan. Apa aja deh, yang penting permainan. Gak usah dijelasin lagi juga udah pada tau kan? Buat anak-anak dulu sebelum adanya game konsol keluar, yang banyak dimainkan ya kayak petak umpet, polisi-polisian, tak jongkok (eh, bener kan ya nulisnya kayak gini...??), lompat tali, dan banyak deh game outdoor lain yang menyenangkan dan menyehatkan (sehat dong! Kan banyak bergerak itu sehat).